Rabu, 31 Juli 2013

SEJARAH TAIKO

KELAHIRAN TAIKO

TAIKO merupakan Instrument Perkusi yang paling Primitif dalam masyarakat Jepang. TAIKO ada dan sudah digunakan di Jepang Kuno lebih dari 2000 tahun yang lalu. Menurut beberapa penelitian Arkeology dan Antropology , orang-orang kuno di Era Jyomon sudah menggunakan Drum (Tambur) sebagai alat Komunikasi atau alat untuk Ritual Keagamaan. Namun Perkusi yang mereka gunakan diduga cukup berbeda dengan yang ada saat ini.

Dengan fakta bahwa TAIKO yang digunakan saat ini menyerupai Drum / Tambur orang-orang di China dan Korea, Anncient Taiko itu mungkin masuk dan diperkenalkan dari Benua Asia pada abad ke- 5 dan 6  bersamaan dengan gelombang pengaruh Budaya China dan Korea yang berdasarkan Budhisme.

Ketika Ritsuryo Taiho , Konstitusi tertua Jepang, disyahkan pada 702 , sebuah Departement Musik dari Pengadilan Kekaisaran didirikan di Istana Kekaisaran. Departemen tsb telah diwariskan secara langsung sampai sekarang. Dihormati sebagai Aset Budaya Penting Tak Berwujud. Berbagai macam Taikos seperti ; San-No-Tsuzumi , Furi-Tsuzumi , Dadaiko , Suri-Daiko , Nina-Daiko , Kakko , Kaiko dan Ikko digunakan dalam Musik Pengadilan . Gaya dikatakan telah menjadi salah satu akar dari musik TAIKO yang kita kenal sekarang.

Di Era Kamakura yang dimulai tahun 1192 dimana Samurai berada dipusat kekuasaan , sebuah gerakan budaya baru Jepang Etnik mulai muncul. Banyak bentuk seni asli yang lahir dibawah feodal Jepang , dilepaskan dari pengaruh budaya China dan Korea. Salah satunya adalah Drama Noh diciptakan di Era Muromachi (1336-1573) , serta sebuah Drama Kabuki ,terkenal muncul dan dengan cepat menjadi populer di Era Edo (1603-1867) dan Nagauta. TAIKO memiliki peran penting dalam bentuk seni sebagai iringan, dan secara bertahap diversifikasi dalam berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu pengembangan instrument lain seperti SHAMISEN dan KOTO SHAKUHACHI juga mempengaruhi perkembangan bentuk-bentuk seni yang sekarang dikategorikan sebagai Seni Tradisional. Teknik bermain TAIKO telah diwariskan dari generasi ke generasi di bawah Sistem Iemoto ( Sistem Pengajaran Seni Tradisional Jepang dengan bimbingan Seorang Master ) meskipun musik barat telah menjadi dominan diera Jepang Modern ini.

Dizaman itu  TAIKOS selalu digunakan dalam upacara agama atau dalam festival lokal juga. Sudah sangat umum menemukan TAIKOS dikuil-kuil Budha dan Shinto. Hal itu menunjukkan bahwa dimasa itu TAIKO sangat berkaitan erat dengan agama. Orang-orang kuno dimasa itu mungkin merasakan Kekuatan Dewa dalam suara gemuruh TAIKO-TAIKO  dan memiliki peran sebagai instrumen menguduskan. Hanya  lelaki yang telah disetujui oleh Pimpinan Kuil yang boleh memainkan TAIKO diupacara-upacara khusus keagamaan.
Dan bagi masyarakat umum , mereka menikmati serta menari bersama TAIKO didalam Festival Lokal yang tetap berlangsung sampai sekarang. Menyenangkan menonton pertunjukan yang unik dari TAIKO.

SEJARAH TAIKO MODERN

"KUMI-DAIKO" secara harfiah berarti Ensamble TAIKO  yang terdiri dari berbagai TAIKOS
Anehnya Gaya KUMI-DAIKO diciptakan oleh satu orang yakni DAIHACHI- OGUCHI pada tahun 1950 , meskipun TAIKO itu sendiri memiliki sejarah yang panjang. Sebagai pendiri OSUWA DAIKO,   DAIHACHI- OGUCHI menciptakan Gaya Kumi Daiko pada tahun 1951. Ia sebenarnya adalah seorang Drummer Jazz Suatu hari ia diminta untuk menafsirkan lembaran tua musik TAIKO untuk Kuil Osuwa. yang ditemukan disebuah gudang tua. Lembaran musik itu ditulis dalam notasi Jepang tua dan tidak dimengerti pada awalnya. Untunglah ia menemukan seorang pria tua yang dapat mempraktekkan notasi lagu tersebut serta membantunya menafsirkan  notasi lagu tsb. Namun sebagai pemain Jazz, pola irama lagu itu terlalu sederhana baginya. Ia bertanya-tanya kenapa tidak ada yang memainkan TAIKO secara bersama-sama. Sebuah ide yang luar biasa muncul dibenaknya.dan memutuskannya untuk menerobos tradisi tentang seni memainkan TAIKO. Terinspirasi oleh drum set barat , ia membentuk sebuah kelompok dimana setiap pemain memainkan sebuah TAIKO yang berbeda dalam durasi pendek. Ia memberi setiap kelompok drum set yang berbeda fungsi dan irama. Kelompok SHIME-DAIKO yang bernada tinggi , membentuk Ritme Dasar seperti Snare Drum. Kelompok NAGADO memberi aksen dengan nada menggeram seperti Bass Drum.Niatnya langsung diaplikasikan  dan penemuan ini mengubah musik TAIKO selamanya 

Setelah OSUWA-Daiko , muncul Kelompok YUSHIMA TENJIN SUKEROKU DAIKO pada tahun 1959 oleh 4 orang anggota : YOSHIHIRA ISHIKAWA, YUTAKA ISHIKAWA , SEIDO KOBAYASHI , dan MOTOEI ONOZATO dengan Gaya Edo-Bayashi.
Karakteristik YUSHIMA TENJIN SUKEROKU DAIKO  adalah pada Kecepatan , Kekuatan Karakter dan Koreografi yang unik. Kemudian kelompok ini terbagi 2  : YUSHIMA TENJIN SUKEROKU DAIKO dan OEDO-SUKOROKU yang didirikan oleh  SEIDO KOBAYASHI.


Kelompok bersejarah lainnya lahir pada tahun 1969 yakni : ZA ONDEKOZA dan TAGAYASHU DEN. Mereka mendirikan kelompok di Pulau Sado yang terletak di Bagian Utara Laut Jepang. Kelompok ini benar-benar lain dari kelompok yang pernah terbentuk sebelumnya. Para anggotanya bukanlah penduduk asli Pulau Sado, tp para pemuda  berasal dari seluruh penjuru Jepang yang merasa tidak puas dengan kehidupan ramai dikota besar. Mereka tinggal bersama disebuah Komune, Ladang dan berlari marathon setiap pagi. Pelatihan fisik yang ketat tersebut merupakan DOGMA KELOMPOK  untuk menciptakan suara dan irama yang bagus dalam permainan TAIKO.
Pada tahun 1975 mereka membuat peristiwa sensasional dengan tampil dipanggung TAIKO setelah mengikuti seluruh even Boston Marathon, yang membuat heran dan kagum seluruh dunia.

ZA ONDEKOZA adalah  Group Taiko pertama yang dianggap menyebarkan TAIKO keseluruh dunia. Tahun 1981 kelompok ini terpecah ke KODO . KODO dengan anggota asli yang dipimpin oleh ZA ONDEKOZA  dan KODO  dengan anggota baru yang dipimpin oleh TAGAYASHU DEN.
Dan sekarang, KODO adalah Kelompok taiko yang paling terkenal dan paling sibuk bepergian keliling dunia.





TAIKO PERIODE RENAISSANCE


Periode 1970-an  sampai 1990-an  merupakan Periode Renaissance di Jepang bagi Musik TAIKO. Eksistensi OSUWA-DAIKO  dengan KUMI-DAIKO nya ditahun 1960 serta Kinerja dan Performa TAIKO di OLIMPIADE TOKYO 1964 , memicu bomming TAIKO yang fenomenal selama beberapa dekade kedepannya. 

Orang -orang Jepang mulai memperhatikan Warisan Budaya Lokal mereka yang nyaris lenyap. HOZONKAI ( Organisasi Pelestarian Kota) mulai bermunculan dengan eksistensi melestarikan Seni TAIKO didukung subsidi dari Pemerintah Jepang dengan mempromosikan Seni TAIKO keseluruh Jepang. Hasilnya pada tahun 1984 di seluruh  Jepang telah berdiri lebih dari 4000 Kelompok TAIKO . Renovasi Pendidikan dengan memasukkan TAIKO sebagai Kurikulum Pendidikan Sekolah ditahun 2002 dengan memasukkan Instrument TAIKO sebagai bahan pelajaran untuk memastikan Generasi Muda Jepang mengaktifkan kembali serta mengembangkan musik TAIKO di abad ke- 21 ini.
 


TAIKO DI AMERIKA


TAIKO dibawa ke Amerika Serikat oleh Imigran Jepang pada awal abad ke- 20. Penggunaan TAIKO pada saat itu adalah untuk bermain di kuil atau dalam Festival sebagai Miya-Daiko ( Bait suci drum). Para Imigran Jepang mempertahankan budaya mereka di dunia baru untuk identitas  dan semangat kooperatif bangsa Jepang. Sebagai contoh Bon - Odori , adalah Festifal Tarian untuk  menghormati Jiwa Leluhur di Musim Panas merupakan salah satu kegiatan untuk mencintai dan menjaga Budaya Jepang . Menurut sumber, TAIKO DRUM dari BON - Odori sudah didirikan di Hawaii  pada awal 1910. THE KENJINZAE KANAZAWA , sebuah Organisasi Imigran Jepang dari Kanazawa Prefektur di Jepang yang juga membawanya ke San Fransisko tahun 1930-an. Ketika pecah Perang Dunia II untuk sementara TAIKO terlupakan sampai tahun 1960-an.

Dalam Badai Hak-Hak Sipil di Amerika Serikat , beberapa Japanese-American berusaha untuk menghidupkan kembali identitas mereka sebagai orang Jepang,  dan mereka menemukan cara untuk mengekspresikannya dalam  Seni Musik TAIKO. Pada Akhir 1960-an , dua kelompok pelopor membuka pintu bagi Musik TAIKO di Amerika Utara yakni  THE SAN FRANSISCO TAIKO DOJO dan TAIKO KINNARA.

THE SAN FRANSISCO TAIKO DOJO didirikan oleh SEIICHI TANAKA yang lahir di Tokyo dan beremigrasi ke San Fransisko ditahun 1960-an. Dia adalah mahasiswa DAIHAICHI OGUCHI , pendiri Legendaris  OSUWA DAIKO. Gaya TAIKOnya adalah Sintesis dari OSUWA DAIKO ,
OEDO SUKEROKU , dan GOJINJYO-DAIKO.  The San Fransisko TAIKO Dojo adalah Kelompok TAIKO yang pertama kali memperkenalkan Gaya KUMI-DAIKO  ke Amerika Serikat. Kelompok ini mengilhami banyak Kelompok berikutnya untuk mengembangkan TAIKO keseluruh Amerika Utara selama beberapa dekade.  



TAIKO KINNARA didirikan oleh Pendeta MASAO KODANI dari SENSHIN BUDDHIST TEMPLE tahun 1969. Berbeda dengan Kelompok THE FRANSISCO TAIKO DOJO , kelompok TAIKO KINNARA adalah Kelompok TAIKO yang didirikan berdasarkan Organisasi Budhist yang dikhususkan untuk Acara-acara Ritual di Kuil Budha. Kelompok ini adalah salah satu dari Kelompok TAIKO Jepang-Amerika yang unik yang masih berlangsung hingga sekarang.


Tahun 1973 berdiri SAN JOSE TAIKO yang memiliki kesamaan dengan TAIKO KINNARA yang juga didirikan berdasarkan Organisasi Budhist. Sebagian besar anggotanya adalah Senshei yang berusaha menghidupkan kembali Budaya Nenek-Moyangnya serta disatu sisi mencoba untuk mengekspresikan identitas sebagai Jepang-Amerika melalui Musik TAIKO serta menjadikannya sebagai Bentuk Seni Simbolis Budaya Jepang - Amerika.



TAIKO DI ABAD 21 


Terinspirasi oleh Tur Dunia yang sukses yang dilakukan ZA ONDEKOZA dan KODO , sejumlah besar Kelompok TAIKO telah didirikan di Jepang dan juga diseluruh dunia , terutama di Amerika Utara selama beberapa Dekade. Diperkirakan ada sekitar 1000 Kelompok TAIKO di Amerika Serikat dan Kanada. Ledakan TAIKO telah menyebar diseluruh Eropa , Australia dan Amerika Selatan juga. Itu adalah sebuah Fenomena diseluruh Dunia dan akan terus berlanjut diabad ke-21.

Mengapa itu terjadi?  Tampaknya ada banyak alasan. Beberapa orang tertarik kepada bentuk seni yang indah dari budaya Jepang dan mereka menghormatinya. Beberapa kagum dengan suara dinamis TAIKO yang tak tertandingi dengan perkusi lainnya di dunia. Beberapa mungkin mulai bermain sebagai latihan untuk menjaga kesehatan mereka.  



Tapi ada satu alasan umum ,yakni : Mengapa TAIKO begitu menarik ? --------KESEDERHANAAN---------ANDA HANYA MENYERANG DENGAN TONGKAT DAN SUARA KELUAR.  Tanpa membedakan jenis kelamin , usia atau kebangsaan , semua orang menikmati respon sederhana dan tulus dari TAIKO. Hebatnya ada Kelompok TAIKO dari masyarakat Tuli . Mereka bisa  bermain dalam Konser Sukses , merasakan getaran yang terbuat dari pemain lain. Itu adalah kekuatan Magis TAIKO.


TAIKO adalah detak jantung dari Jepang , yang telah menghidupkan jiwa kita sepanjang sejarah yang panjang dan mendalam. Sekarang juga telah menjadi Bahasa Musik yang Universal yang membuat masyarakat di dunia lebih dekat. Instrument ini memiliki potensi yang tak terbatas , karena kenyataan bahwa Gaya KUMI-DAIKO diciptakan dan dikembangkan dalam waktu yang relatif singkat.
TRADISIONAL tapi BARU  itulah TAIKO. Musik TAIKO terus berkembang dengan dimulainya abad ke-21 dan itu mungkin anda yang menciptakan Generasi Baru Musik TAIKO.

3 komentar:

  1. wah super sekali sejarah yg di paparkan. klo boleh tau ne sejarah bersumber yg jelas atau tidak Gan?

    By. TIM TAIKO MEDAN

    BalasHapus
  2. salam kenal
    by. TIM TAIKO MEDAN
    PIN 22B4087C

    BalasHapus